Ingin Beli Router? Kenali Fitur dan Istilah Produknya

Di tulis oleh Cahyandaru Kuncorojati | Pada 23 September 2019| 0 Komentar 32 Dilihat

Jakarta: Kini hampir setiap rumah ingin memiliki koneksi WiFi. Alasannya, semakin banyak perangkat yang harus terhubung ke internet, misalnya, laptop, smartphone, dan perangkat pintar atau smart home.
 
Berbekal router yang disediakan oleh penyedia layanan internet mungkin kurang memuaskan. Biasanya kecepatannya internet yang bisa disediakan tidak mampu menampung jumlah perangkat yang harus terhubung. Akibatnya internet terasa lambat.
 
Akhirnya Anda berniat untuk membeli router baru, baik sebagai pengganti router tadi atau sebagai tambahan sehingga kualitas koneksi WiFi lebih baik. Membeli router sebetulnya mudah sekaligus sulit, semua router mengklaim kecepatan WiFi lebih baik.

Dengan mengetahui perbedaan fitur atau istilah di paket penjualan router maka diharapkan Anda tidak seperti membeli kucing dalam karung, berikut ini Medcom.id akan membagikan pengetahuan sekaligus panduan memilih router dikutip dari CNET.
 
1. Kode 802.11 di router
Di luar kemasan penjualan router biasanya tertera banyak angka, salah satunya 802.11. Anda mungkin bertanya angka apa ini? Kenapa angka ini juga terdapat di perangkat seperti laptop?
 
802.11 adalah penamaan atas teknologi koneksi nirkabel WiFi yang diberikan lembaga Institute of Electrical and Electronics Engineers yang melakukan standarisasi. Ini untuk membedakan dengan teknologi nirkabel lainya seperti Ethernet atau LAN (802.3) dan Bluetooth (802.15.1)
 
Teknologi WiFi juga hadir dalam beberapa generasi yang dibedakan menjadi 802.11a, 802.11g, 802.11n, dan yang paling banyak digunakan atau tersedia di pasar saat ini adalah generasi 802.11ac.
 
Teknologi generasi terbaru adalah 802.11ax atau yang dikenal sebagai WiFi 6. Tahun ini penamaan generasi teknologi WiFi akan dipermudah, organisasi nonprofit WiFi Alliance menyatakan . WiFi 6 baru diresmikan minggu lalu dan mulai tersedia di pasar.
 
2. Kode huruf dan angka, mislanya AC1900 atau AC3150
Masih di bagian luar kemasan penjualan router, Anda akan menemukan deretan sebuah huruf yang berpadu dengan angka seperti di atas. Kode seperti AC1900 dan sejenisnya masih berkaitan dengan penjelasan nomor satu.
 
Kode AC menandakan bahwa router mendukung teknologi jaringan WiFi WiFi 5 sementara kode AX artinya sudah mengadopsi teknologi WiFi 6. Bagaimana dengan angka yang mendampinginya?
 
Angka di samping kode AC maupun AX secara teori menandakan kecepatan transfer data atau bandwidth internet yang bisa disediakan oleh router. Namun, ini hanya di atas kertas karena kenyataannya kualitas koneksi internet yang disediakan provider belum tentu menyentuh angka tersebut.
 
AC1900 bisa dipahami bahwa router mendukung teknologi WiFi 5 dengan total kecepatan mencapai 1900Mbps atau 1,9Gbps. Total angka tersebut bisa disediakan oleh satu band yaitu 2,4Ghz atau dual band yang terdiri dari 2,4GHz dan 5GHz.
 
Pada router termahal justru bisa tersedia teknologi triple band yang umumnya menyediakan 2,4GHz dan dua 5GHz. Jumlah band atau frekuensi di sini bisa dianggap sebagai jalur jalan yang menyediakan akses transfer data internet. Dalam teorinya, semakin banyak maka bisa mendukung lebih banyak perangkat terhubung ke WiFi router.
 
3. Fitur Band steering 2,4GHz dan 5GHz
Band diartikansebagai spektrum atau frekuensi. Mudahnya, band bisa dipahami sebagai jalur akses internet. Band terdiri dari dua jenis yaitu 2,4GHz dan 5GHz. Di pasar, router yang hanya menggunakan atau memiliki satu band tergolong kelas entry-level atau terjangkau.
 
Router di kelas menengah memiliki fitur Dual-band dan di kelas mewah fiturnya Triple-band seperti yang sudah Medcom.id jelaskan di atas. Band 2,4Ghz dan 5GHz memiliki karakteristik berbeda.
 
Koneksi band 2,5Ghz menyediakan jangkauan yang lebih luas sehingga bisa mendukung banyak perangkat tapi koneksinya tidak sekencang band 5GHz. Demikian juga sebaliknya, koneksi band 5GHz menawarkan kecepatan tinggi tapi jangkauan area yang sempit dan tidak bisa mendukung banyak perangkat terhubung.
 
Pada router yang canggih biasanya terdapat fitur band steering. Router akan mampu mengenali kebutuhkan koneksi perangkat yang terhubung dan secara cerdas menentukan band koneksi mana yang lebih baik.
 
4. Fitur MU-MIMO
MU-MIMO adalah singkatan dari multi-user, multiple-input, multiple-output. Teknologi ini mendukung kemampuan router untuk menyediakan trasnfer data atau akses internet lebih cepat secara simultan ke banyak perangkat.
 
Artinya router bisa memenuhi permintaah koneksi internet pada semua perangkat yang terhubung dalam jumlah tertentu tanpa mengakibatkan koneksi internet menurun secara drastis.
 
5. Mesh WiFi
Teknologi terbaru yang banyak diperkenalkan router saat ini adalah Mesh WiFi. Teknologi dihadirkan mendukung kebutuhan rumah pintar yang memiliki banyak perangkat terhubung ke internet.
 
Caranya, dengan menyediakan sejumlah access point dari satu buah router dengan satu SSID. Misalnya, pengguna smartphone yang berada di ruang tamu tidak perlu kembali melakukan koneksi ulang saat berpindah ruangan karena koneksi sempat terputus.
 
Secara otomatis Mesh WiFi akan memberikan sambungan koneksi dari satu access point ke acces point lain yang terdekan dengan smartphone pengguna. Jadi Mesh WiFi memiliki teknologi jangkauan WiFi yang lebih luas dengan minim blank spot.
 
Berbeda dari router lain yang hanya terdiri dari satu unit perangkat. Router Mesh WiFi akan hadir dalama dua unit perangkat sekaligus, satu sebagai router utama dan satu lagi menjadi satelit atau sejenis repeater untuk memperluas jangkauan WiFi.
 

(MMI)


Sumber : https://www.medcom.id/teknologi/tips-trik/GNlYvayb-ingin-beli-router-kenali-fitur-dan-istilah-produknya


  • Tidak Ada Komentar